Imam Shamsi Ali Ajak Ulama untuk Berperan dalam Permasalahan Global

Director Jamaica Muslim Center NYC, Imam Shamsi Ali mengajak para ulama di Indonesia untuk aktif dalam dunia global. Peran ulama dinilai sangat luas serta penting untuk menyelesaikan banyak persoalan.

Menurut pendiri pertama pondok pesantren di Amerika Serikat (AS) itu, ajakan tersebut bukan hal yang tidak mendasar dan tanpa alasan. Pertama, kehidupan saat ini memang sudah masuk dalam dunia global. Mau tidak mau harus ikut didalamnya.

"Apalagi agama kita (Islam) adalah agama paling global. Baik secara substansi ajaran. Dan secara umat, juga Islam adalah global. Kemanapun kita melangkah di dunia ini, kita akan mendapatkan orang Islam," katanya dalam Webinar Nasional sekaligus Launching Majelis Mudzakarah Masjid Istiqlal, Rabu (2/9/2020).

Kedua, lanjut Shamsi Ali, secara sejarah, para ulama dan tokoh di Nusantara memiliki peranan yang sangat besar. Salah satunya dalam menyebarkan ilmu-ilmunya.

Ketiga, yakni karena Indonesia adalah muslim terbesar di dunia. Menurut laki-laki kelahiran 5 Oktober 1967 Sulawesi Selatan tersebut, ini terjadi bukan suatu kebetulan. Namun, ini adalah amanah yang diberikan oleh Allah Swt.

Jadi, kata dia, Indonesia sangat memiliki potensi besar untuk mengenalkan wajah Islam yang sesungguhnya kepada dunia. Dan itu peranan ulama dalam hal itu sangatlah urgent.

Keempat, pemahaman dan pengamalan Islam di Indonesia adalah pemahaman dan pengamalan Islam yang menurutnya sangat dirindukan oleh dunia saat ini. Dimana, banyak yang salah paham bahwa Islam tidak menjujung tinggi kebebasan.

Namun, Indonesia sendiri sebagai Islam terbesar di dunia adalah negara demokrasi ke tiga dunia. Selain itu, masih banyak pemahaman bahwa Islam tidak menghargai wanita. Di Indonesia sendiri, saat ini setiap partai politik harus ada kandidat 30 persen perempuan. "Dan itu tidak ada di Amerika Serikat," tambahnya.

Hal itulah sebagian alasan bahwa ulama di Indonesia saat ini harus berperan dalam dunia global. Agar para ulama ini bisa ikut serta memecahkan masalah. Dan tidak kalah penting bisa memberikan pemahaman kepada dunia bahwa Islam adalah menjunjung perdamaian dan kemerdekaan setiap manusia. "Toleransi dan kerukunan adalah darah daging kita. Wajah Islam Inilah yang harus kita sampaikan, (kepada dunia)," ujar Imam Shamsi Ali. (*)