Pesantren Pertama di Bumi Amerika, Persembahan Indonesia

Syukur alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah SWT, Pencipta alam semesta, atas segala karunia ni’mat-Nya, terutama ni’mat Iman dan Islam. Dengan izin dan kodrat-Nya pula Nusantara Foundation, sebuah yayasan yang terdaftar secara resmi di Amerika Serikat, dan bergerak dalam bidang dakwah, pendidikan, kemanusiaan, dan hubungan antar agama (interfaith), berniat mendirikan pondok pesantren pertama di bumi Amerika Serikat.

Kita ketahui bersama bahwa di tengah meningginya Islamophobia dan kesalahpahaman kepada Islam, agama ini ternyata menjadi agama dengan perkembangan terpesat di Amerika dan dunia pada umumnya. Hal ini tentunya perlu disyukuri, tapi sekaligus menjadi tantangan. Warga Amerika berbondong-bondong memeluk Islam memerlukan pendidikan yang terpadu.

Alhamdulillah telah berdiri beberapa institusi Islam di negara ini. Tapi pada umumnya dikelolah oleh orang-orang Asia Selatan atau Timur Tengah. Sementara warga Muslim Indonesia belum memainkan peranan signifikan dalam pengadaan institusi Islam.

Padahal Indonesia adalah negara Muslim terbesar dunia, sekaligus memiliki sistem pendidikan Islam yang dibutuhkan oleh dunia saat ini. Yaitu Islam yang ramah, bersahabat, merangkul modernitas, demokrasi dan kebebasan. Islam yang tersimpulkan dalam Al-Qur’an sebagai “rahmatan lil-alamin”. Dengan latar belakang inilah pendirian pesantren sebagai institusi pendidikan khas Indonesia menjadi sebuah tuntutan di Amerika Serikat. Dengan latar belakang inilah pendirian pesantren sebagai institusi pendidikan khas Indonesia menjadi sebuah tuntutan di Amerika Serikat.

Berlokasi di 613 Town St. Moodus CT, 06649, USA, luas property pesantren ini adalah 18.31 Acre atau sebanding dengan 7.4 Hektar. Ada 8 bangunan di atas tanah yang dibangun sekitar tahun 1949, artinya bangunan tersebut sudah berusia 68 Tahun. Dari 8 bangunan, ada 4 bangunan yang masih layak huni, sehingga dengan renovasi dan pembenahan disana-sini, keempat bangunan itu dapat digunakan untuk tahap awal kegiatan pesantren.

Di dalam area pesantren juga pernah dibangun fasilitas lapangan tennis, lapangan basket (outdoor), serta kolam renang. Selain itu juga terdapat telaga alam (pond) dan hutan kecil sehingga dapat digunakan untuk pelatihan ruhani dan jasmani yang integratif. Dalam lokasi tersebut juga ada tiga sumur untuk sumber air minum.

Harga dari properti tersebut adalah $750,000 (tujuh ratus lima puluh ribu US Dollar) dan Pajak Bumi dan Bangunannya (Property Tax) adalah $10,683 (sepuluh ribu enam ratus delapan puluh tiga US Dollar per tahun) Alhamdulillah dengan izin Allah SWT lahan tesebut telah disepakati untuk dibeli pada akhir bulan Nopember 2017. Pembelian dilakukan secara bertahap dengan cara membayar angsuran tanpa bunga kepada pemilik properti sebelumnya, yaitu Yayasan Darul Ulum yang merupakan komunitas muslim Asia Selatan di Amerika Serikat. Angsuran pembelian properti ini harus dilunasi pada bulan April 2020.

Rencananya, pembangunan pusat pendidikan dan pembinaan ini akan dinamai ‘PONDOK PESANTREN NUR INKA NUSANTARA MADANI’. Penamaan ini diambil dari EMPAT kata “Nur, Inka, Nusantara dan Madani”. Inka dimaknai sebagai kasih sayang yang menjadi dasar dari ajaran Islam. Nusantara berarti tanah air Indonesia dan Madani berarti berperadaban.

Diharapkan melalui Pondok Pesantren Nur Inka Nusantara Madani ini akan terlahir generasi Muslim yang berkarakter Nusantara yang penuh cinta dan kasih, serta berperadaban tinggi. Muslim dengan karakter Nusantara yang kita maksud adalah ramah, bersahabat, berkemajuan, independen, merangkul demokrasi dan pluralitas, serta mengedepankan cinta damai dan kerjasama. InsyaAllah pesantren ini akan menjadi ikon bagi pengenalan bumi Nusantara di Amerika dan dunia Barat.

Untuk mewujudkan cita-cita besar tersebut, Imam Shamsi Ali dan Nusantara Foundation mengajak segenap masyarakat muslim khususnya di negeri tercinta Indonesia, untuk turut mendo’akan dan mendukung terselenggaranya kegiatan syiar dan dakwah Islam di bumi Amerika dan di dunia Barat, melalui Pesantren Nur Inka Nusantara Madani yang berada di kota Moodus, Connecticut, Amerika Serikat.

Selain itu juga, rangka menjadikan pesantren ini sebagai ikon dan etalase pengenalan Indonesia yang penduduknya merupakan pemeluk agama Islam terbesar di dunia, kami mengajak masyarakat Indonesia untuk turut serta bergandengan tangan dalam gerakan kebaikan ini. Masyarakat Indonesia baik yang berada di negeri tercinta Indonesia, di Amerika Serikat, maupun di negara lain, diharapkan berkontribusi secara langsung dalam pengumpulan donasi untuk pembangunan pesantren Nur Inka Nusantara Madani, baik secara personal ataupun melalui asosiasi, korporasi, lembaga, komunitas, majelis-majelis ta’lim, sekolah-sekolah Islam, dan lainnya.

Hal inilah yang mendasari diadakannya program Safari Dakwah Imam Shamsi Ali di Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian sosialisasi dan penggalangan dana untuk pembangunan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di Amerika Serikat. Dengan izin Allah SWT, pesantren persembahan bangsa Indonesia di negeri Paman Sam ini akan menjadi salah satu wujud peran serta dan kontribusi umat muslim Indonesia bagi peradaban Islam dunia.




https://www.tawaf.tv/pesantren-pertama-di-bumi-amerika