Syukuran Hari Kemerdekaan RI di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani USA

Pesantren Nur Inka Nusantara Madani didirikan atas inisiasi Yayasan Nusantara (Nusantara Foundation) Amerika Serikat. Sebagai organisasi nirlaba (non profit) yang terdaftar di negara bagian New York, secara hukum tentu Nusantara Foundation adalah organisasi yang diatur dan tunduk kepada undang-undang Amerika.  

Namun demikian, sadar akan latar belakang berdirinya, Nusantara memiliki ikatan dan tujuan untuk mempromosikan dan membesarkan nama Indonesia di gelanggan global, khususnya di bumi Amerika. 

Untuk itu Nusantara menginisiasi beberapa kegiatan yang dapat menjadi jalan bagi promosi nama Indonesia di negara ini. Salah satu di antaranya adalah ikut berpartisipasi dalam meramaikan hari Ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. 

Sejak dimulainya proyek pembangunan pesantren pertama di bumi Amerika, di kota Moodus Connecticut, Nusantara telah dua kali ikut serta dalam meramaikan perayaan hari kemerdekaan RI. Tahun 2018 lalu dan tahun 2019 ini. 

Untuk tahun ini rangkaian peringatan hari kemerdekaan itu didesign atau diadakan dalam bentuk sebuah acara olah raga dan keluarga. Acara itu dinamai “Annual Sport and Family Fun Weekend”. 

Acara ini diikuti oleh warga Indonesia dari beberapa kota di bagian timur Amerika, seperti Boston, New Hempshire, New Jersey dan New York sendiri. Tidak ketinggalan tentunya perwakilan perbankan Indonesia di kota New York.

Yang menarik ada juga beberapa orang non Indonesia yang mengambil partisipasi, bahkan ikut membentuk tim sepak bolanya. Tidak tanggung-tanggung Piala bergilir Nusantara mereka bawa pulang sebagai juara.

Berbagai kegiatan pada acara tersebut, antara lain pertandingan sepak bola dan ragam acara menarik lainnya seperti renang, bola basket, BBQ (kambing guling) dan lain-lain. 

Pada hari kedua acara tersebut Nusantara juga mengundang tetangga-tetangga warga Amerika untuk hadir menikmati ragam hidangan makanan Indonesia. 

Acara ini juga dimaksudkan untuk semakin menumbuh suburkan kecintaan warga Indonesia kepada negerinya. Bahkan acara ini juga menjadi salah satu jalan untuk mengenalkan Indonesia dengan segala kebesarannya kepada warga Amerika. 

Nusantara Foundation dan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani bertekad untuk melanjutkan acara ini, bahkan akan menginisiasi berbagai acara lainnya untuk mempromosikan Indonesia tercinta. 

Saat ini pesantren Nur Inka Nusantara Madani terus berbenah, proses renovasi gedung lama terus berlanjut. Ragam fasilitas juga mulai difungsikan, antara lain kolam renang, lapangan bola kaki, bola basket, bola volley, dan lain-lain. 

Sementara itu sambil menunggu proses pembukaan kegiatan pesantren full time, saat ini fasilitas pesantren dimanfaatkan untuk kegiatan keislaman, seperti pesantren muslim panas, pelatihan kepemimpinan, family and youth retreat, dan lain-lain. 

Doa dan dukungan semua pihak terus kami perlukan. Untuk update dan partisipasi silahkan mengunjungi website Nusantara Foundation di: https://nusantarafoundation.org

Dirgahayu Republik Indonesia!
Merdeka, Merdeka, Merdeka! 

Moodus CT, 24 Agustus 2019 

Imam Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation
Pendiri Pesantren Nusantara Madani