img

Malam Silaturahim Kota Bogor

RIHLAH DAKWAH NUSANTARA

"Dari Indonesia Untuk Dunia"



Rihlah Dakwah Nusantara 2022 "Dari Indonesia untuk Dunia" merupakan program yang diinisiasi oleh Nusantara Foundation, dalam rangka mensosialisasikan dan melakukan penggalangan dana untuk Pembangunan Pesantren Pertama di Bumi Amerika.


Malam Silaturahim Kota Bogor yang diadakan hari ini, Ahad 20 Maret 2022 di Hotel Grand Savero Bogor, merupakan kota pertama yang disinggahi dalam kegiatan offline setelah pada 4 Maret lalu dilakukan Peluncuran Program Rihlah Dakwah Nusantara di Masjid Istiqlal Jakarta. 


Nusantara Foundation sebagai lembaga dakwah yang didirikan oleh Imam Shamsi Ali tahun 2013 di New York City, Amerika Serikat, mengajak seluruh Masyarakat Muslim Indonesia untuk bersama-sama mengambil bagian dalam pengembangan dakwah Islam di dunia internasional.


Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Imam Shamsi Ali mengatakan, bahwa umat muslim Indonesia memiliki amanah dari Allah SWT untuk mengambil peranan penting  dalam mewujudkan perdamaian dunia. Salah satunya melalui menebarkan dakwah Islam yang selama ini dipraktikkan di Indonesia. Islam yang berpegang teguh pada Al Qur'an dan As sunnah, Islam yang ramah dan bersahabat, Islam yang rahmatan lil alamin. Menjadi rahmat bagi semesta alam.


Lebih dari 25 tahun berdakwah di negeri Paman Sam, Imam Shamsi Ali yakin bahwa sampai saat ini Amerika masih menjadi "public relations" nya dunia. Apapun yang terjadi di Amerika, seluruh dunia akan tahu dan mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat internasional.


Maka keberadaan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di Amerika Serikat, diharapkan menjadi wadah bagi umat muslim Indonesia, untuk menampilkan karakter Islam yang selama ini dipraktikkan ditengah keanekaragaman suku, bangsa, bahasa dan agama di negeri tercinta.


Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Walikota Bogor, Dr. Bima Arya Sugiarto. Acara dihadiri juga oleh Dewan Pembina Yayasan, Tamsil Linrung, dan Ketua Yayasan Inka Nusantara Madani, Muslim Abdullah. Ketua DPRD kota Bogor, H. Atang Trisnanto, dan Sekda Kota Bogor, Ibu Syarifah Sofiah juga turut hadir dalam kegiatan hari ini.


Imam Shamsi Ali dan undangan lainnya mengikuti kegiatan secara online melalui zoom dan disiarkan langsung melalui Youtube Nusantara Foundation.


Melalui perjalanan (Rihlah) ke beberapa kota besar di negeri tercinta, Nusantara Foundation membuka peluang yang sebesar-besarnya bagi masyarakat muslim Indonesia untuk bersinergi dan menjalin kerjasama antar umat, sebagai jalan komunikasi dakwah Islam di dunia internasional.


Selain itu, Rihlah Dakwah Nusantara yang rencananya akan diadakan di belasan kota besar di Indonesia, mengajak berbagai mitra lembaga yang mensupport keberadaan Pesantren Pertama di Amerika, untuk berkolaborasi dalam kegiatan ini demi mencapai tujuan yang lebih luas. 


Seperti di kota Bogor ini, misalnya. Selain untuk pembangunan pesantren Nur Inka Nusantara Madani di negeri paman Sam, hasil raihan penggalangan dana yang diperoleh nantinya akan disalurkan juga untuk program-program sosial/dakwah dari Mitra Lembaga. Diantaranya, pembangunan Masjid Al Hijri 2 - BKsPPI, pembangunan pesantren lansia Cisarua - Gelora Wakaf Foundation, dan pengembangan rumah Qur'an - Sahabat Subuh. 


Dalam acara ini, Nusantara Foundation mengadakan lelang buku  "Anak-anak Ibrahim" dimana buku yang dilelang ini merupakan stok terakhir dari cetakan pertama dari terjemahan buku aslinya yang berjudul "Sons of Ibrahim" karya Imam Shamsi Ali & Rabbi Marc Scheiner.


Dan pemenang lelang buku ini jatuh kepada Komunitas Sahabat Haji Bogor dimana buku Anak-anak Ibrahim ini terjual seharga 30 Juta rupiah dan hasil lelang ini seluruhnya akan didonasikan untuk pembangunan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani, Connecticut, USA.


Semoga Allah SWT menjadikan segala ikhtiar menjadi amal shalih, serta senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua. Aamiin yaa Rabbal'aalamiin.


Bogor, 20 Maret 2022.