Global Leadership Program for Ustadz

Nusantara Foundation tidak terhalangi oleh Pandemi Covid 19 untuk terus melangkah, berkarya untuk kemaslahatan Umat dan agama. Tentu dalam kapasitas dan batas-batas yang dimilikinya. Bagi Nusantara perjuangan tidak boleh terhenti hingga Allah menentukan yang lain. 

Mulai musim panas tahun 2021 misalnya, Nusantara justru menginisiasi beberapa rangkaian acara. Satu di antaranya adalah GLP for Ustadz atau Global Leadership Program (Program Kepemimpinan Global) khusus dibentuk untuk pada Tokoh Islam muda Indonesia. 

Program Kepemimpinan Global ini menjadi bagian dari upaya Nusantara untuk memberikan akses bagi anak-anak bangsa yang ingin mencari pengalaman, sekaligus bagian dari upaya pengembangan wawasan. Sesuatu yang  pastinya menjadi tuntutan dalam dunia yang semakin mengglobal ini. 

Program untuk para Ustadz kali ini menjadi unik karena waktunya persis bersamaan dengan pelaksanaan program pesantren musim panas di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani. Sehingga peserta GLP sekaligus akan sharing ilmu dan pengalaman kepada peserta pesantren Musim Panas itu. 

Selain itu, para Ustadz muda ini dijadwalkan untuk melakukan kunjungan-kunjungan ke beberapa kota di US bagian Timur. Di antara kota yang akan dikunjungi adalah Kota New York, Washington DC dan juga Boston. 

Pada kunjungan ke kota-kota itu mereka akan melakukan pertemuan dan Dialog dengan tokoh-tokoh agama dunia. Di kota New York misalnya peserta GLP dijadwalkan untuk ketemu dna berdialog dengan Rabbi Marc Schneier, salah seorang tokoh Yahudi yang berpengaruh dan partner saya dalam program Dialog Yahudi-Muslim di Amerika Serikat. 

Selain itu mereka juga akan melakukan kunjungan ke beberapa universitas Amerika . Di antaranya Yale, Hartford Seminary, Harvard, MIT, Colombia, dan lain-lain. Hanya saja kunjungan ini bersifat biasa karena memang musim sedang dalam liburan panjang (musim panas) di Amerika. 

Peserta GLP juga akan mendapatkan materi Dakwah dan perkembangan Islam di Amerika. Materi ini mereka akan dapatkan langsung dari beberapa tokoh dan aktifis Muslim di Kota New York. Mereka akan berkunjung ke beberapa masjid dan Imam terkenal untuk berdialog tentang Dakwah di Amerika.