Mengenal Negara Bagian Connecticut

Amerika Serikat

Negara Bagian Connecticut terletak di sebelah utara Kota New York. Banyak juga commuter yang tinggal di Connecticut dan bekerja di Kota New York.

Banyak sekali hal penting yang dapat dicatat dari Negara Bagian ini. Keluarga Bush, dimana Bush Senior dan Bush Junior menjadi presiden Amerika, lahir di Negara Bagian ini. Ralph Nader calon presiden dari partai independen juga berasal dari daerah ini. Ralph Nader adalah keturunan dari orang tua immigrant asal Libanon.

Masjid di Kota Hartford sangat bersejarah untuk Masyarakat Amerika, karena Warith Deen Muhammad mendirikan masjid di kota tersebut. Beliau adalah salah satu dari 10 anak Elijah Muhammad, pendiri dari Nation of Islam. Sebuah kelompok yang menganggap dirinya sebagai penganut Islam, namun mencampuradukkan berbagai ajaran agama (terutama agama nasrani).

Herbert Muhammad salah satu putra dari Elijah Muhammad, juga mantan manager petinju legendaris Amerika: Muhammad Ali. Tidak ada satu orangpun di Amerika yang tidak tahu Muhammad Ali. Waktu berlalu dan Warith Deen Muhammad menyadari bahwa Nation of Islam bukanlah Islam yang “mainstream� yang sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW, oleh karena itu dia mengeluarkan diri dari Nation of Islam, belajar agama Islam kembali, mengikuti ajaran ahlus sunnah wal jamaah, menunaikan ibadah haji dan membangun masjid di Hartford Connecticut.

Catatan lain yang penting adalah Negara Bagian ini adalah tempat dari beberapa universitas bergengsi. Seperti Wesleyan University sebuah sekolah Liberal Art – Swasta yang cukup ternama di Amerika. Jurusan liberal art mengkombinasikan sekolah seni, mathematics, science, astronomi dan seterusnya meneruskan tradisi klasik pendidikan model Yunani. Sekolah besar lainnya adalah Hartford Seminary, yang saat ini juga memasukan pengajaran agama Islam untuk mencetak Caplain, sebuah jabatan keagamaan (Kristen, Yahudi, Islam dan lainnya) yang ditugaskan dalam institusi sekuler, seperti satuan militer, universitas, rumah sakit, dan lainnya. Sekolah lain yang besar adalah University of Connecticut at Hartford atau yang lebih dikenal sebagai U-Conn. Dan tentunya tak kalah pentingnya adalah Yale University, dimana Bill dan Hilary Clinton sama-sama kuliah disana. Ruang perpustakaan dimana Bill dan Hilary study bersama juga di jadikan ruangan khusus sebagai objek turisme.