Seputar Nusantara Foundation

Walaupun tujuan utama berdirinya Nusantara untuk merespon perkembangan muallaf di Amerika, tetap yayasan ini memiliki pula tujuan kedua. Tujuan kedua ini sesungguhnya adalah untuk merespon salah satu kegalauan saya sebagai putra bangsa selama ini.

Kegalauan itu adalah kenyataan bahwa Indonesia kerap kali dipandang sebelah mata oleh sebagian warga di Amerika. Dengan segala kebesaran dan kehebatannya, hampir belum ada yang bisa dibanggakan tentang negara ini di Amerika. Bahkan sejujurnya belum dikenal luas sebagaimana negara-negara yang lain.

Inilah yang mendasari kenapa nama yayasan yang didirikan itu dinamakan Nusantara. Tujuannya agar dalam mengenal Islam, kata Nusantara ikut terbawa.

Sejak berdirinya Nusantara telah melakukan ragam kegiatan, antara lain: kelas khusus muallaf, seminar dan Konferensi mengenai berbagai topik, dialog antar agama, pengenalan Islam di Universitas-universitas Amerika, dan lain-lain.

Sejak berdirinya rencana terbesar Nusantara adalah mendirikan Muallaf Center. Akan tetapi usaha itu hingga tiga tahun belum juga menemukan jalannya.

Hingga pada akhir tahun 2017 lalu Nusantara mengalihkan rencana itu ke pendirian pondok pesantren pertama di Amerika Serikat. Dengan pesantren ini Muallaf Center akan menjadi kenyataan. Tapi juga berdiri institusi pendidikan Islam yang komprehensif dan mewakili wajah Muslim Indonesia.